Kamis, 08 April 2010

stasiun gilingan

Milling station atau stasiun gilingan merupakan tahap awal pada proses pengolahan tebu menjadi gula. Prinsip kerja dari stasiun gilingan di pabrik gula adalah memerah nira yang terkandung dalam batang tebu semaksimal mungkin dan kandungan gula dalam ampas seminimal mungin. Proses pemerahan nira di pabrik gula melalui beberapa tahap yaitu:
a. Tahap penanganan Tebu (Cane Handling).
b. Tahap pengerjaan pendahuluan (Cane Preparation).
c. Tahap pemerahan atau penggilingan (Milling Units).

1. Tahap penanganan Tebu (Cane Handling)
Peralatan yang digunakan pada cane handling di PG antara lain :
1. Cane Unloading Crane (Alat Pengangkat Tebu).
2. Cane Feeding Table (Meja Tebu).
3. Cane Carrier (Alat Pengangkut Tebu).

1.1. Cane Unloading Crane (Alat Pengangkat Tebu)
Dari emplasemen penampungan tebu yang telah dipindah ke lori maupun tebu yang berada di truk pengangkut tebu, diatur secara bergantian untuk diangkat dan dipindah ke cane table. Untuk mengangkat dan memindah tebu tebu tersebut digunakan alat pengangkat yang disebut Cane Unloading Crane.

1.2. Cane Feeding Table (Meja Tebu)
Tebu yang telah diangkat oleh cane unloading crane tersebut selanjutnya diletakkan diatas Cane Feeding Table (Meja Tebu) untuk diumpankan ke Cane Preparation melalui alat pengangkut yang disebut Cane Carrier.

1.3. Cane Carrier
Cane Carrier merupakan alat pengangkut tebu dari meja tebu ke unit Cane Preparation. Cane Carrier terdiri dari krepyak yang tersusun pada rantai besi.

2. Tahap pengerjaan pendahuluan (Cane Preparation)
Sebelum digiling, tebu dalam bentuk batangan akan dicacah terlebih dahulu sehingga sel-sel yang ada di dalam tebu terbuka dan mempermudah dalam proses ekstraksi yang disebut sebagai cane preparation. Pencacahan menggunakan alat cane cutter (pisau tebu) yang terdiri dari 2 set yaitu CC I dan CC II. Juga dilengkapi dengan HDHS (heavy duty hammer shredder). Tebu dicacah sampai diperoleh derajat pencacahan atau PI (Preparation Index) lebih besar dari 90 %. Semakin tinggi preparation index menunjukkan semakin bagus kinerja dari ekstraksi.

2.1. Cane Cutter
Alat ini berfungsi untuk mencacah batangan tebu sehingga memudahkan ekstraksi pada unit gilingan.

2.2. Carding Drum (Perata cacahan tebu)
Adalah alat perata yang bertugas sebagai perata cacahan tebu dan pengumpan ke heavy duty hammer shredder ( HDHS ). sehingga ketebalan tebu yang masuk HDHS kontinyu.

2.3. Heavy Duty Hammer Shredder (HDHS)
Alat ini berfungsi untuk membuka sel-sel tebu yang berada dalam buku-buku tebu yang tidak pecah oleh pisau tebu.Dengan cara memukul-mukul tebu hingga hancur dan menjadi serabut. Pada sebagian sisi HDHS berhimpitan dengan gride bar yang merupakan landasan saat cacahan tebu dihancurkan oleh HDHS.

2.4. Cane Elevator
Cane Elevator merupakan alat transport yang mengangkut cacahan tebu dari unit Cane Preparation menuju unit gilingan I.

3. Tahap Pemerahan Nira
Setelah tebu dicacah dan dihancurkan di unit Cane Preparation, selanjutnya cacahan tebu tersebut dimasukkan ke gilingan untuk dilakukan proses ekstraksi oleh rol – rol gilingan. Rol gilingan tersebut disusun menjadi unit gilingan yang terdiri dari 3 buah rol gilingan. Beberapa PG menggunakan 5 unit gilingan yang masing – masing dilengkapi dengan Continuous Pressure Feeder yang merupakan pengumpan paksa. Alat tersebut terdiri dari 2 rol pengumpan yang terletak sebelum masuk rol gilingan.
Dari unit Gilingan tersebut tebu diperas dan diambil larutannya yaitu nira dan menghasilkan produk samping berupa ampas (bagasse). Larutan Nira atau disebut dengan nira mentah akan di bawah ke unit pemurnian, sedangkan ampas yang diperoleh di angkut ke ketel dan digunakan sebagai bahan bakar.


..........to be continued........
About The Author
Bie, that's my name. Im just an ordinary blogger.Ea eam labores imperdiet, apeirian democritum ei nam, doming neglegentur ad vis. Ne malorum ceteros feugait quo, ius ea liber offendit placerat, est habemus aliquyam legendos id. Eam no corpora maluisset definitiones.
Share This
Subscribe Here

0 komentar:

Posting Komentar

 
The Corrs ~ Everybody Hurts

Get more songs & code at www.stafaband.info

dasa nusantara Copyright © 2009 DarkfolioZ is Designed by Bie Blogger Template for Ipietoon